diskusi Kakek dan kafir Quraisy

Beberapa waktu sebelum hijrah….

Abu jahal mengundang orang-orang terpandang Quraisy di Darun Nadwa untuk mengadakan diskusi yang sangat penting bagi kaum Quraisy. Tema yang diangkat dari diskusi tersebut adalah bagaimana cara terbaik untuk memusnahkan Muhammad SAW. Abu Jahal sudah tidak tahan melihat perkembangan dakwah yang dilakukan oleh Muhammad SAW yang semakin lama semakin meluas.

Para tokoh penting Quraisy pun berdatangan dan diskusi pun telah siap dimulai. Ketika akan dimulai, tiba-tiba datang seorang kakek dari Najed yang ingin bergabung untuk berdiskusi bersama membahas bagaimana menghancurkan dakwah Muhammad SAW. Awalnya Abu Jahal tidak berkenan kakek tersebut ikut dalam pertemuan penting ini, namun si Kakek meyakinkan Abu Jahal bahwa dia akan memberikan pertimbangan-pertimbangan yang mungkin bisa membantu mereka. Dia beralasan bahwa dirinya seorang tua yang telah memiliki banyak pengalaman dibandingkan dengan para peserta perundingan yang notabennya masih muda. (sebenarnya Kakek tersebut adalah Iblis yang menyamar). Akhirnya Abu Jahal pun mempersilakan si Kakek untuk ikut berdiskusi.

Diskusi pun dimulai dengan Abu Jahal sebagai moderator. Munculah beberapa ide dari peserta diskusi memberikan masukan bagaimana untuk menghentikan dakwah Muhammad SAW. Berikut adalah jalannya diskusi.

1)      Salah seorang peserta mengusulkan agar Muhammad segera ditangkap, lalu dipenjara dan jangan diberi makan. Semua peserta berteriak setuju kecuali si Kakek. Abu Jahal pun menanyakan alasan kenapa si Kakek tidak setuju. Si Kakek pun mengutararakan pendapatnya. “pikiran kalian terlalu pendek, apakah kalian tidak melihat orang-orang yang berada di belakang Muhammad. Sebagian dari mereka adalah tokoh yang disegani oleh kaum Quraisy. Jika kita menangkap dan mengurungnya, tentu beberapa saat kemudian orang-orang yang disegani tersebut akan segera membebaskannya dan tak ada seorang pun yang bisa menghentikan mereka.” Semua peserta diskusi terkagum-kagum dengan pemikiran  si Kakek yang sangat tajam.

2)      Muncul lagi ide dari salah seorang peserta agar Muhammad dibuang saja ke luar negeri. Para peserta bersorak tanda setuju. Namun, Abu Jahal kali ini meminta analisis terlebih dahulu terhadap ide tersebut kepada Kakek. Ternyata si Kakek tidak setuju karena ada kekhawatiran dakwah Muhammad akan diterima dengan baik di luar negeri. Mereka justru akan semakin kuat dan jika sudah kuat sewaktu-waktu akan datang menyerang Mekah untuk membinasakan kaum Quraisy Mekah. Para peserta kembali terkagum-kagum dengan analisis si kakek.

3)      Abu Jahal akhirnya memberikan ide, ia nampak sudah kesal karena dua ide sebelumnya kurang baik.

Abu Jahal : “ya sudah, kalo begitu, bagaimana kalo malam ini juga Muhammad kita Bunuh, kita undang seluruh kabilah-kabilah, kita kepung kediaman Muhammad, lalu kita bunuh. Tak akan ada pihak yang disalahkan jika  Muhammad benar-benar terbunuh karena seluruh kabilah akan hadir disana.”

Seluruh peserta akhirnya setuju dengan pendapat Abu Jahal termasuk si Kakek. Pada malam hari akhirnya mereka datang mengepung Rumah Muhammad SAW. Rosululloh sebelumnya sudah mengetahui berita kedatangan mereka berkat informasi dari malaikat jibril. Beliau pun sudah bersiap meninggalkan rumah namun rumah sudah dikepung. Saat itu dirumah beliau ada Ali bin Abu Tholib dan ia disuruh untuk tidur ditempat tidur Rosululloh. Ketika hendak keluar dari rumah, Rosululloh mengambil segenggam pasir dan melemparkannya sehingga  semua mata orang Quraisy yang mengepung rumah beliau terkena pasir tersebut. Mereka tak bisa melihat bahkan setelah itu mengantuk kemudian tertidur. Rosulullah pun akhirnya pergi meninggalkan rumah untuk berhijrah ke madinah dengan ditemani oleh Abu Bakar.

Wallahu A’lam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: