Mikir Soal FB

Teknologi semakin maju dengan sangat pesat. Kemajuan tersebut telah membawa manusia kedalam peradaban baru yang sangat berbeda dengan masa lampau. Sekarang manusia dapat berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja dengan orang yang jaraknya diujung dunia sekalipun. Kita dapat mengetahui berabagai informasi terbaru dari berbagai belahan dunia dalam beberapa detik saja. Dengan perangkat telepon seluler dan internet seolah-olah dunia ini ada dalam genggaman para penggunanya. Bahkan beberapa tahun terakhir mulai marak situs jejaring social seperti facebook dan twitter yang membuat kita bisa membangun jaringan social sendiri, membuat pertemanan dengan siapa saja yang kita mau.

Seperti yang kita ketahui kemajuan teknologi seperti sebilah pisau yang bisa mendatangkan manfaat ketika digunakan sebagai alat potong saat memasak namun bisa juga mendatangkan mudhorot ketika kita gunakan pisau tersebut untuk membunuh orang. Selain itu, ketika kita hendak menggunakan pisau untuk kebaikan, kita pun harus terlatih menggunakannya agar pisau tersebut tak melukai tangan kita. Sama halnya seperti kemajuan teknologi saat ini. Begitu banyak manfaat yang bisa kita raih ketika kita menggunakannya untuk kebaikan. Namun banyak juga dampak negative yang ditimbulkan dengan keberadaan teknologi seperti rusaknya sumber daya alam hayati, global warming, dan rusaknya moral manusia.

Sedikit saja aku ingin mengangkat dampak perngalaman pribadiku saat menggunakan jejaring social FB. Awalnya aku lihat memang situs ini sangat luar biasa, banyak sekali manfaatnya. Kita bisa menemukan teman lama kita, bisa berteman dengan siapa saja. Tak hanya itu, kita juga bisa mengetahui kabar terbaru dari teman kita setiap saat dan bisa langsung memberi komentar padanya. Saat itu aku juga turut asik memberi kabar terbaruku setiap harinya. Memang aku gak sampai kecanduan berjam-jam berada dihalaman FB, tapi tetep aja lama kelamaan terasa mulai ‘Lebay’. Setiap ada kejadian terbaru, aku berusaha untuk mengabarkan pada teman-temanku di FB dengan menulis di kolom update status, tak lain tujuannya adalah agar teman-teman FB ku mengetahui aku sedang apa, syukur-syukur ada yang mengomentari. Berikut beberapa contoh update status :

Mau kuliah update status : “kuliah pagi, smangat!”

Mau ujian update status : “besok ujian, semoga Allah member kemudahan”

Mau ada kegiatan update status : “saatnya beraksi, bismillah, berikan kemudahan Ya Allah”

Mau pulang kampung update status : “On the way menuju kampung halaman, smangat”

Kalo lagi lemah update status : “ Ya Allah berikan hamba kekuatan,…”

Dapet rejeki update status : “Alhamdulillah dapet rejeki…”

Dan masih banyak status-status lain yang menurutku tidak perlu. Luar biasa, FB telah menjadikanku seperti seorang artis. Hihi.. bagaimana tidak,hampir tiap ada sesuatu yang terlintas dipikiran, aku berusaha untuk mengabarkannya. Wah, ini mah lebih parah dari artis. Kalo artis kan kabar terbarunya dicari sama wartawan, kalo aku malah inisiatif sendiri yang memberi kabar  kepada  teman-teman FB.

Mikir sejenak…

Dipikir-pikir apa pentingnya sih kita update status  setiap saat. Aku pikir tak ada yang lain tujuannya hanyalah untuk diketahui orang lain, syukur2 ada orang yang sudi memberikan komentar pada status kita. Oo…Engga Cuma itu kok, kalo lagi lemah kan siapa tau aku dapat semangat dari teman2 yang kebetulan memberi komentar. Mikir lagi… sebegitu lemahkah diriku, bukankah hanya Allah yang hanya bisa menjadi penolong? Kalo berdoa bukannya lebih baik jika aku dan Allah saja yang tau, kenapa orang lain juga harus tau?

Oiya tidak hanya update status saja yang bisa kita buat di FB. Kita juga bisa menunjukkan bahwa kita berbakat menulis kepada teman-teman kita. Aku sempat juga membuat tulisan dan berharap banyak orang yang mau baca. Syukur-syukur kalo niatnya memang tulus untuk memeberi hkmah pada pembaca, tapi kalo Cuma pengen dipuji atau dikomentari, repot juga urusannya.

Ada lagi kehebatan dari FB. Kita bisa memasang foto-foto pribadi kita. Bener dah, udah kaya artis aja kita. Tiap ada momen2 tertentu kita bagikan foto-foto kita buat teman-teman. Biasanya bangga banget dah kalo foto kita bisa ditunjukin ke ratusan teman kita, entah kita lagi makan2, nonton konser, jalan2, liburan, pacaran, dll. Yang paling repot kalo yang ada di foto itu adalah akhwat-akhwat yang cantik,apalagi akhwatnya sadar dirinya cantik dan ingin menunjukan kecantikannya.  Beuuhhh, surga buat para laki2 ini mah, bisa melihat berbagai aktivitas akhwat cantik yang suka upload2 foto atau di uploadin temannya. Mungkin si akhwat itu bilang kalo hatinya bersih karena niatnya dia bukan untuk memamerkan kecantikannya. Mikir… ya kalo niatnya ga mau pamer kenapa juga mesti dipasang di FB, lebih baik simpen aja di computer sendiri daripada jadi dosa yang tak terasa buat dirinya. Maksudnya kecipratan dosa orang lain yang diam-diam mengamati foto2nya. Siapa suruh fotonya ada disitu. Hi hi. Pengalaman pribadi. Astaghfirulloh.

Saat ini aku berenti dulu FB-an karena dipikir2 niat dan tujuanku masih belum bener. Bukan berarti aku ekstrim melarang FB, tidak! Hanya saja ingin agar teman2ku yang jadi artis di FB nya masing2 sadar. Hehe, sadar agar jangan pada ‘Lebay’ kalo FB-an. Gunakan FB untuk kebaikan, pasti ada juga ladang beramal dari FBan. Pikirin deh sendiri. Mikir sejenak kalo mikirnya bener bisa lebih hebat daripada dzikir semaleman, ada yang bilang begitu.

Ya Allah ampunilah dosa2, hamba yang hina ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: